Pada hari Rabu-Kamis tanggal 25-26 Oktober 2023, Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi Poltekkes Kemenkes Palembang (Polkesbang) menyelenggarakan kuliah pakar dengan tema “Peran Bidan dalam Mendukung Transformasi Kesehatan untuk Penguatan Pelayanan Kebidanan yang Profesioanal dan Berkualitas”. Acara ini diadakan secara hybrid (luring dan daring) di Gedung Serbaguna Poltekkes Kemenkes Palembang mulai pukul 08.00 sampai 12.00 di hari pertama dan mulai pukul 10.00 sampai 15.00 dihari kedua.

Ada 4 narasumber yang diundang dalam acara ini yaitu Dinkes (Dinas Kesehatan) Provinsi Sumsel (Sumatera Selatan) dan Ibu Bintang Petralina, SST,M.Keb (Konsil Kebidanan Indonesia) di hari pertama.   Bapak Abarham Martadiansyah,Sp.OG, Subsp. Fetomaternal (RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang) dan Bapak Dr. dr. Patiyus Agustiansyah,Sp.OG, Subsp. Onk, MARS (RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang) di hari kedua. Pembukaan acara ini dihadiri oleh Bapak Muhamad Taswin, S.Si,Apt, MM, M.kes (Direktur Polkesbang), Ibu Diah Navianti, S.Pd., M.Kes (Wakil Direktur I) Ibu Dra. Ratnaningsih Dewi Astuti, Apt., M.Kes (Wadir Direktur II), Kepala-Kepala Bagian, ibu Nesi Novita, S.SiT, M.Kes (Ketua Jurusan Kebidanan), Ibu Eprila, S.ST, M.Keb (Ka.Prodi Sarjana Terapan dan Pendidikan Profesi Bidan) dan Ibu Heni Sumastri, SPd, M.Kes (Ka.Prodi D-III Kebidanan Palembang). Acara ini diikuti oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bidan Program Profesi TA. 2023/2024 berjumlah 80 orang. dan Dosen Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang berjumlah 25 orang.

Acara dimulai dengan laporan dari Ketua Jurusan Kebidanan, ibu Nesi Novita, S.SiT, M.Kes, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari Direktur Polkesbang yang diwakili oleh Bapak Muhamad Taswin, S.Si,Apt, MM, M.kes. lalu penyampaian materi yang disampaikan dalam acara ini meliputi Peran Bidan dalam mendukung Transformasi Kesehatan oleh Dinkes Provinsi Sumsel dan Kesiapan Bidan menghadapi regulasi terkait UU Kesehatan No. 17 tahun 2023 dan Sosialisasi STR seumur hidup oleh Ibu Bintang Petralina, SST, M.Keb di hari pertama. Kemudian di hari kedua materi yang disampaikan adalah tentang Persiapan kehamilan sehat dan pemantauan perkembangan janin oleh Bapak Abarham Martadiansyah,Sp.OG, Subsp. Fetomaternal dan Mengenal lebih dekat Kanker pada Organ Reproduksi oleh Bapak Dr. dr. Patiyus Agustiansyah,Sp.OG, Subsp. Onk, MARS.

Tujuan dari kuliah pakar ini adalah untuk Meningkatkan pengetahuan mahasiswa Prodi Pendidikan Bidan Program Profesi dalam menghadapi transformasi kesehatan serta regulasi terkait UU Kesehatan RI No. 17 tahun 2023. Mendukung penerapan Sentra Unggulan Poltekkes Kemenkes (SUP-PK) dengan peningakatan pengetahuan mashasiswa profesi bidan mengenai Kanker pada Organ Reproduksi dan Melaksanakan kegiatan Tutorial atau Meeting to expert bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Program Profesi TA. 2023/2024 tentang perencanaan kehamilansehat dan pemantauan perkembangan janin

Leave a Comment

18 − seven =